• Minggu, 3 Juli 2022

Memperingati Hari Matematika Internasional 14 Maret 2022 Dengan Tema 'Mathematics Unites'

- Senin, 14 Maret 2022 | 11:30 WIB
Ilustrasi Peringatan Hari Matematika Sedunia (Pexels/Max Fischer )
Ilustrasi Peringatan Hari Matematika Sedunia (Pexels/Max Fischer )

MEDIANEKITA.COM - Ada banyak hari perayaan di seluruh dunia. Tapi, tahukah Anda bahwa ada Hari Matematika Internasional yang jatuh pada 14 Maret?

Tanggal 14 Maret ditetapkan sebagai Hari Matematika Internasional pada Konferensi Umum ke-40 UNESCO pada November 2019.

Sebelumnya, di banyak negara, 14 Maret sudah diperingati sebagai Hari Phi. Phi adalah salah satu konstanta matematika paling populer yakni 3,14. Hari Phi kemudian mengambil angka dari konstanta tersebut sehingga perayaannya digelar pada tanggal 14 bulan 3.

Baca Juga: Sentil Wacana Jokowi 3 Periode, Fadli Zon: Yang Perlu Diperpanjang Itu Jabatan Menko Marves!

Hari Matematika Internasional pertama kali dirayakan pada 14 Maret 2020, dengan mengambil tema "Mathematics is Everywhere". Kemudian pada tahun 2021, tema yang diangkat adalah "Mathematics for a Better World".

Tahun ini, Hari Matematika Internasional dirayakan dengan tema "Mathematics Unites", yang diusulkan oleh Yuliya Nesterova, seorang mahasiswa pascasarjana dari University of Ottawa Kanada.

Diselenggarakan oleh International Mathematical Union, Hari Matematika Internasional tahun ini dirayakan di lebih dari 90 negara secara virtual maupun tatap muka, termasuk perayaan di dalam kelas.

Keistimewaan dari perayaan Hari Matematika Internasional tahun ini adalah Mathematics Unites Photo Challenge. Lebih dari 3270 partisipan yang terdiri dari individu, sekolah, dan organisasi, telah mengirimkan foto di laman www.idm314.org yang menggambarkan "Mathematics Unites".

Baca Juga: Tolak Tabligh Akbar Syafiq Riza Basalamah, Sekjen GP Ansor Grobogan: Akidahnya Bukan Ahlussunnah wal Jamaah

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X