• Minggu, 3 Juli 2022

Bantah Tudingan Hilangkan Bentuk Satuan Pendidikan Madrasah di RUU Sisdiknas, Nadiem Makarim: Tak Masuk Akal!

- Rabu, 30 Maret 2022 | 18:57 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim Bantah hapus satuan pendidikan Madrasah
Mendikbudristek Nadiem Makarim Bantah hapus satuan pendidikan Madrasah

MEDIANEKITA.COM - Draf RUU Sisdiknas menuai polemik di tengah masyarakat, menyusul hilangnya frasa satuan pendidikan dalam rancangan undang-undang tersebut.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim sendiri dituding hendak menghilangkan satuan pendidikan, terlebih satuan pendidikan Madrasah.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim pun angkat suara, mengenai polemik frasa Madrasah sebagai salah satu bentuk satuan pendidikan di dalam Rancangan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

Baca Juga: Viral! Bek Filipina Remas Kemaluan Striker Singapura, Ikhsan Fandi! Reaksinya Tak Terduga

Nadiem Makarim dengan tegas mengatakan pihaknya tidak pernah ada rencana untuk menghapus bentuk-bentuk satuan pendidikan di Indonesia melalui revisi RUU Sisdiknas.

"Sedari awal, tidak ada keinginan ataupun rencana untuk menghapus sekolah, madrasah, atau bentuk-bentuk satuan pendidikan lain dari sistem pendidikan nasional. Sebuah hal yang tidak masuk akal dan tidak terbesit sekalipun di benak kami," kata Nadiem, Rabu 30 Maret 2022.

Nadiem menjelaskan, penamaan bentuk satuan pendidikan secara spesifik seperti SD dan MI, SMP dan MTS, atau SMA, SMK, dan MA akan dijelaskan dalam bagian penjelasan.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar penamaan bentuk satuan pendidikan tidak diikat di tingkat undang-undang sehingga lebih fleksibel dan dinamis. 

Baca Juga: Husni aka Tebet, Tukang Siomay Pelaku Pencabulan di Jagakarsa Jakarta Selatan Akhirnya Berhasil Dibekuk Polisi 

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X