• Minggu, 3 Juli 2022

Elektabilitas: Apa sih Elektabilitas? Bagaimana Mengukurnya? Bagaimana Cara Meningkatkannya?

- Kamis, 16 Juni 2022 | 23:39 WIB
Pengertian Elektabilitas, cara meningkatkan dan menghitungnya. (VectorStock.com)
Pengertian Elektabilitas, cara meningkatkan dan menghitungnya. (VectorStock.com)

MEDIANEKITA.COM - Pemilihan Umum (Pemilu) kurang dari dua tahun lagi tapi dinamika perpolitikan yang fluktiatif khususnya terkait dengan narasi siapakah yang pantas memimpin Indonesia di tahun 2024 selalu menarik untuk diikuti.

Tapi kali ini, kita bukan membahas tentang kontestasi politiknya melainkan yang berada di balik dinamika perpolitikan tersebut yaitu elektabilitas.

Elektabilitas merupakan salah satu indikator terkait dengan kemungkinan terpilih atau tidaknya seseorang oleh masyarakat.

Baca Juga: Ibadah Haji 2022: Cuaca Panas Ekstrem Hantui Puluhan Ribu Jamaah Haji Indonesia Dengan Komorbid

Elektabilitas juga bisa dikatakan memiliki peran penting dalam memprediksi tokoh-tokoh yang memiliki kemungkinan untuk menang pada Pemilu.

Elektabilitas adalah tingkat keterpilihan atau ketertarikan publik dalam memilih sesuatu, baik itu seorang figure, Lembaga atau partai, maupun barang dan jasa dimana informasi tersebut didapatkan dari berbagai survey.

Secara bahasa, istilah elektabilitas ialah hasil serapan dari Bahasa Inggris yaitu electability yang artinya keterpilihan.

Baca Juga: Larangan-larangan selama Melaksanakan Ibadah Haji, Simak Penjelasannya Disini!

Agar memiliki elektabilitas yang tinggi, umumnya sebuah objek barang, jasa, orang, atau lembaga harus popular (popularitas) dan memenuhi kriteria keterpilihan, seperti:

1. Dikenal oleh masyarakat luas.
2. Terbukti memiliki kinerja yang baik.
3. Memiliki prestasi di bidang tertentu.
4. Memiliki rekam jejak yang positif di bidangnya.

Halaman:

Editor: Hudallah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X