• Rabu, 30 November 2022

Rangkuman Materi PKN Kelas 10 K13 Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

- Sabtu, 24 September 2022 | 10:30 WIB
ilustrasi. Rangkuman Materi PKN Kelas 10 K13 Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (pixabay.com/652234)
ilustrasi. Rangkuman Materi PKN Kelas 10 K13 Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (pixabay.com/652234)

MEDIANEKITA.COM - Sobat medianekita.com, berikut ini kami paparkan Rangkuman Materi PKN Kelas 10 K13 Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kali ini kita akan bahas Rangkuman Materi PKN Kelas 10 K13 Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Yuk simak Rangkuman Materi PKN Kelas 10 K13 Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ini sampai tuntas ya.

Wawasan Nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara
Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Secara etimologis, wawasan nusantara berasal dari kata “wawasan” dan “Nusantara”. Wawasan berasal dari bahasa “wawas” yang berarti pandangan, tinjauan, penglihatan, tanggap indrawi. Wawasan berarti pula cara pandang dan cara melihat.

Nusantara berasal dari kata “nusa” dan “antara”. Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan. Antara artinya menunjukkan letak antara dua unsur. Jadi Nusantara adalah kesatuan kepulauan yang terletak diantara dua benua dan dua samudera. Sedangkan terminologis menurut beberapa ahli wawasan nusantara adalah:

a. Menurut Prof. Wan Usman : “Cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam".

b. Menurut GBHN 1998: “Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.”

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X