Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 13 Bab 3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat

- Senin, 28 November 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi kemiskinan ekstrem. Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 13 Bab 3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Dok Pixabay)
Ilustrasi kemiskinan ekstrem. Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 13 Bab 3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Dok Pixabay)

MEDIANEKITA.COM - Sobat medianekita.com, berikut ini kami paparkan Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 13 Bab 3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat.

Kali ini kita akan bahas Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 13 Bab 3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat.

Yuk simak Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 13 Bab 3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat ini sampai tuntas ya.

Apa itu Gejala Sosial?

Gejala-gejala sosial yang ada di masyarakat dapat diartikan sebagai  sebuah fenomena sosial.  Munculnya fenomena sosial di masyarakat berawal dari adanya perubahan sosial.

Perubahan sosial itu tidak dapat kita hindari, namun kita masih dapat mengantisipasinya. Perubahan sosial akan mengakibatkan beberapa dampak baik itu positif maupun negatif.

Perubahan sosial ada yang bersifat positif dan negatif, sehingga kita harus hati-hati dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Fenomena sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari dapat dapat menimbulkan masalah sosial.

Adapun beberapa contoh fenomena sosial seperti munculnya kesenjangan sosial, demam musik luar (boyband/girlband), pencemaran lingkungan, dan lain sebagainya. Gejala sosial juga diartikan sebagai suatu pristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat, baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

 Apa Saja Faktor Penyebab Gejala Sosial?

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X