• Kamis, 26 Mei 2022

Apa itu Depresi dan Bagaimana Mengatasinya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:46 WIB
Depresi bukan tanda kelemahan
Depresi bukan tanda kelemahan

Anemone123 dari Pixabay" data-watermark="0" />

MEDIANEKITA.COM - Tanggal 10 Oktober kemarin diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, yang tahun ini bertema "Mental Health in an Unequal World".

Meskipun sudah lewat, kami akan membagikan informasi salah satu masalah Kesehatan mental yakni Depresi.

Sebagaimana Medianekita.com kutip dari akun Instagram @rs.ui milik Rumah Sakit Universitas Indonesia, depresi menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang sering terjadi.

Baca Juga: Menaker Temui Penerima Bantuan Subsidi Upah di Kutai Kartanegara

Apa itu Depresi? Depresi dapat terjadi pada siapa saja, dan bukan merupakan tanda kelemahan. Depresi adalah sebuah gangguan yang ditandai dengan kesedihan terus menerus, kehilangan minat pada aktivitas yang biasanya Anda nikmati, disertai dengan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.

Orang yang depresi biasanya mengalami hal-hal sebagai berikut: perubahan nafsu makan, gangguan tidur, cemas dan gelisah, merasa tidak berharga dan bahkan dapat berpikir melukai diri-sendiri.


Bagaimana mengatasi Depresi?

Berbicaralah dengan seseorang yang anda percayai terkait perasaan dan masalah anda, carilah pertolongan dari professional misalnya dokter atau psikiater, tetap menjalin hubungan dengan keluarga dan teman-teman, upayakan untuk tetap menjalankan pola makan dan tidur secara teratur, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur, meskipun aktivitas ringan.

Baca Juga: KH. Husein Muhammad: Kenapa Banyak Orang Beragama Tapi Cepat Marah, Suka Memfitnah dan Merasa Paling Benar?

Halaman:

Editor: Dinata Firmansyah

Sumber: Instagram/@rs.ui

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X