• Kamis, 26 Mei 2022

Gangguan Mata Paling Banyak Karena Katarak

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Hari Penglihatan Sedunia 2021 (Instagram/@kemenkes_ri)
Hari Penglihatan Sedunia 2021 (Instagram/@kemenkes_ri)

MEDIANEKITA.COM - Setiap minggu kedua Bulan Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia (HPS).

Tahun ini peringatan HPS mengangkat tema “Sayangi Mata Kita”. Melalui tema ini, dunia mengaungkan pentingnya menjaga kesehatan mata bagi siapa saja, karena gangguan penglihatan dapat menyerang segala usia.

Prevalensi gangguan penglihatan di Indonesia cukup besar. Di tahun 2017 ada 8 juta orang dengan gangguan penglihatan, yakni 1,6 juta kebutaan dan 6,4 juta orang dengan gangguan penglihatan mata sedang dan berat.

Dari jumlah tersebut sekitar 81,2% karena katarak. Penyebab lainnya disebabkan oleh glaukoma, kelainan refraksi, kelainan mata karena diabetes, low vision.

Baca Juga: Kegiatan Susur Sungai di Ciamis Memakan Korban

Perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dr. Aldiana Halim mengatakan di Indonesia dengan populasi pada tahun 2017 terdapat 8 juta orang dengan gangguan penglihatan. Sebanyak 1,6 juta orang buta ditambah dengan 6,4 juta orang dengan gangguan penglihatan sedang dan berat.

Dari jumlah tersebut sebanyak 81,2% gangguan penglihatan disebabkan oleh katarak. Penyebab lainnya adalah refraksi atau glaukoma, atau kelainan mata hal-hal lainnya seperti kelainan refraksi, glaukoma atau kelainan mata yang berhubungan dengan diabetes.

''Tapi sebetulnya kita harus berfokus pada katarak, kita harus berusaha bagaimana orang katarak ini bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak sehingga penglihatannya akan kembali,'' kata Aldiana.

Orang dengan katarak ini, lanjut Aldiana treatment-nya cukup efektif kalau dia dioperasi dan tidak ada komplikasi lain, dan kemungkinan mereka bisa melihat kembali itu sangat besar.

Halaman:

Editor: Dinata Firmansyah

Sumber: Instagram/@kemenkes_ri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X