• Senin, 15 Agustus 2022

Otot Pinggang Anthony Ginting Overuse, Begini Cara Mengatasi dan Mencegahnya

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:27 WIB
Ilustrasi meregangkan tulang belakang, tulang ekor, pinggang, punggung. (Shutterstock)
Ilustrasi meregangkan tulang belakang, tulang ekor, pinggang, punggung. (Shutterstock)

MEDIANEKITA.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengalami overuse otot pinggang. Hal itu membuatnya mundur dari ajang Denmark Open 2021.

Dalam istilah medis, nyeri otot disebut juga dengan Myalgia. Biasanya terasa sakit ringan di otot tertentu, tapi kadang juga nyeri otot bisa terasa di seluruh bagian tubuh sehingga mengganggu aktivitas.

Seperti dilansir MEDIANEKITA.COM dari Alo Dokter, sebenarnya nyeri otot bukanlah suatu penyakit, tapi gejala dari suatu penyakit atau kondisi.

Baca juga: Overuse Otot Pinggang, Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021

Penyebabnya sangat beragam, mulai dari postur tubuh atau gerakan olahraga yang tidak tepat, cedera otot, infeksi, hingga efek samping obat-obatan.

Nyeri otot bisa digambarkan dengan rasa kaku, kram, tertarik, berat, atau lemah pada otot dan cenderung muncul selama atau setelah menjalani aktivitas tertentu.

Pada beberapa kasus nyeri otot bisa terasa sangat parah dan berlangsung dalam waktu yang lama, bisa berminggu-minggu dan berbulan-bulan.

Nyeri otot seringkali disebabkan oleh penggunaan otot secara berlebihan, cedera otot, serta otot yang tegang di satu atau beberapa bagian tubuh.

Baca juga: Demam Squid Game, Tes CPNS Kemenkumham Jatim Dijaga Pasukan Bersenjata

Halaman:

Editor: Iswah Yudi

Sumber: Alo Dokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X