• Minggu, 3 Juli 2022

8 Tips Meredam Sifat Ego Diri Sendiri

- Kamis, 25 November 2021 | 19:30 WIB
Ilustrasi orang yang egois. / freepik.com.
Ilustrasi orang yang egois. / freepik.com.

MEDIANEKITA.COM - Setiap orang memiliki ego, ego tidak selalu berarti negatif karena ego seseorang bisa saja mengarahkan seseorang ada hal yang bersifat positif. Berikut adalah 8 tips meredam sifat ego di dalam diri kita sendiri.


1. Ketahui Dahulu Penyebabnya
Cari tahu penyebab dan sumber dari sifat egois diri. Biasanya orang-orang yang bersifat egois dikarenakan rasa takut yang muncul di dalam dirinya.

Takut akan kalah, takut tidak diperhatikan, takut tersaingi, dan masih banyak takut lainnya. Terkadang pula sifat egois tersebut berasal dari rasa empati yang tidak dimilikinya.

Baca Juga: Tergoda Wanita Hingga Bucin, Alasan Pemuda Bantul Jual Perabot dan Genteng Rumah Orang Tuanya


2. Belajar Mengelola Emosi
Emosi bukanlah hal yang baik untuk disimpan di dalam hati. Orang-orang egois, seringkali tidak bisa mengekspresikan dan mengelola emosinya dengan tepat saat dia merasa tidak nyaman dengan sesuatu. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan emosi tak akan pernah berhasil.


3. Belajar Bersikap Sabar
Terkadang orang-orang egois merasa tidak sabar untuk segera mendapatkan apa yang diinginkan, sehingga membuatnya sering mendahulukan diri sendiri untuk hal tersebut. Belajarlah menanamkan selalu sifat sabar meskipun dalam kondisi tersulit sekalipun.

Baca Juga: 4 Ciri Karakter atau Prinsip Pasangan Setia


4. Berpikir Secara Logis
Mulailah untuk berpikir secara logis. Jangan terlalu memaksakan kehendak, cobalah untuk berpikir realistis tentang kondisi dan keadaan yang sebenarnya.


5. Tumbuhkan Rasa Empati
Mulailah untuk mau mendengarkan orang lain. Latih diri untuk tidak judgemental terhadap orang lain. Hal tersebut dapat membantu kita untuk menumbuhkan empati dalam diri. Empati akan membuat kita dapat bersikap lebih tenang dan dewasa.


6. Jadi Pendengar Yang Baik
Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik untuk orang lain. Hal ini akan memberikan keuntungan dan manfaat dalam kehidupan kita.

Halaman:

Editor: Fiqih Sampurna

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X