• Kamis, 26 Mei 2022

Operasi Caesar Metode ERACS yang Digunakan Nagita Slavina Ternyata Bisa Pakai BPJS Lho!

- Sabtu, 27 November 2021 | 09:00 WIB
Nagita Slavina. (Foto: Tangkapan layar instagram @raffinagita1717.)
Nagita Slavina. (Foto: Tangkapan layar instagram @raffinagita1717.)

MEDIANEKITA.COM - Biaya persalinan dengan metode ERACS baru-baru ini dipertanyakan publik setelah mengetahui metode tersebut digunakan Nagita Slavina saat melahirkan anak keduanya.

dr. Rizal Fitni Abdullah, Sp.OG. menyebut bahwa biaya persalinan dengan metode ERACS mirip dengan operasi caesar konvensional. Bahkan menurut Rizal, biaya operasi caesar dengan metode ERACS bisa ditanggung BPJS Kesehatan dan relatif lebih murah.

“Bagi pengguna BPJS baik itu KIS atau BPJS mandiri dari pihak BPJS-nya tidak mempermasalahkan kita mau pakai metode apapun selama biaya yang dikeluarkan tidak melebihi dari plafon yang diberikan oleh BPJS,” ujar Rizal dalam video di akun TikTok @rizalfitni.spog.

Baca Juga: Donasi 1.065.400 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia: Menlu Retno, Ajak Masyarakat Vaksin

dr. Rizal, yang merupakan dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Airlangga Jombang, Jawa Timur menjelaskan bahwa dengan menggunakan metode ini sebetulnya dapat meringankan pasien karena durasi rawat inapnya tidak lama dan sedikit menggunakan obat-obatan.

“Dan sebenarnya dengan metode ERACS ini lebih meringankan kepada pasien karena lama rawat inapnya tidak selama pada operasi caesar konvensional, penggunaan obat-obatan juga lebih sedikit,” lanjut Rizal.

Rizal menambahkan, sekira 6 jam setelah jalani persalinan dengan metode ERACS, pasien sudah bisa melepas infus dan kateter. Pasien pun sudah bisa latihan duduk, makan-minum, menyusui bayi, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Pencabulan dan Penganiayaan Gadis 13 Tahun di Malang

Sementara terkait kisaran angka yang harus dikeluarkan pasien persalinan dengan metode ERACS, berkisar antara Rp8 juta-Rp15,5 juta sesuai kelas perawatan yang dipilih.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Sumber: prfmnews.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X