• Kamis, 26 Mei 2022

Benarkah Orang Jawa Tidak Boleh Menikah dengan Orang Sunda? Simak Selengkapnya!

- Minggu, 19 Desember 2021 | 15:30 WIB
Ilustrasi pernikahan (pixabay.com)
Ilustrasi pernikahan (pixabay.com)

MEDIANEKITA.COM - Konon katanya orang Sunda tidak diperbolehkan menikah dengan orang Jawa, cerita ini begitu melegenda ada yang percaya dan ada pula yang menganggap hanya sebuah mitos belaka.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun pernah menceritakan hal tersebut dalam sebuah postingan di instagramnya, konon kalau orang Sunda dan orang Jawa menikah pasangannya tidak akan bahagia. 

Asal muasal anggapan ini diyakini dari cerita rencana perkawinan Hayam Wuruk Raja Majapahit dengan Putri Pitaloka dari kerajaan Pasundan pada sekitar abad ke-14.

Di Pesanggrahan Bubat seluruh rombongan dari kerajaan Pasundan tewas lantaran di serbu pasukan kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Kemenhub Borong Mobil Listrik Karya Anak Bangsa untuk Gelaran G20 di Bali

Atas insiden tersebut, penguasa Pasundan Niskala Wastu Kencana mengeluarkan sebuah titah bahwa rakyatnya tidak boleh menikah dengan orang di luar kerajaan Pasundan.

Cerita itu pun ditafsirkan sebagai larangan orang Sunda menikah dengan orang Jawa, hingga saat ini larangan tersebut masih diyakini sebagian orang Sunda dan Jawa.

Nah, akan tetapi kalau kita lihat dari data pernikahan antar suku, justru memperlihatkan kebalikannya.

Berdasarkan prevalensi pernikahan antar suku di Indonesia pada tahun 2010, kecenderungannya memang kebanyakan orang menikah dengan suku yang sama, orang Sunda dengan sunda, begitu pun dengan orang Jawa.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Sumber: Narasi Newsroom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X