• Kamis, 26 Mei 2022

Simak Lur! APIC Rilis Masker yang Aman Digunakan Untuk Menangkal Varian Omicron

- Jumat, 24 Desember 2021 | 11:30 WIB
Ilustrasi masker (Instagram@db_ourfashion)
Ilustrasi masker (Instagram@db_ourfashion)

MEDIANEKITA.COM - Kenapa kita diharuskan mengenakan masker oleh pemerintah? Hasil penelitan ilmuwan terbaru menujukkan masker efektif membantu mengurangi penyebaran Covid-19 dan variannya, termasuk Omicron.

Penelitian tersebut tercatat dalam American Journal of Infection Control, dan Journal of Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC).

Francoise M Blachere yang juga pakar Biologi Penelitian, dari Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH) menjelaskan efektivitas masker merupakan perangkat yang mengendalikan penyebaran infeksi.

Baca Juga: Tjahjo Apresiasi KPK dibawah Kepemimpinan Firli

Namun demikian, hal itu bergantung terhadap kemampuan bahan masker untuk menyaring aerosol, dan seberapa cocok masker dengan pemakainya.

Masker membantu mengurangi penularan aerosol pernapasan dan tetesan yang dihasilkan selama aktivitas. Seperti berbicara, bernapas, dan batuk.

Bahkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan masker yang berlapis-lapis, menutupi hidung dan mulut dan membentuk segel rapat di wajah.

Hasil penelitian APIC menyatakan beberapa masker yang bisa mengurangi penularan varian Omicron:

Baca Juga: Wasiat Imam Abu Hanifah Kepada Imam Abu Yusuf, Jika Berselisih Faham, Maka Damaikanlah (Seri 2)

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X