• Minggu, 3 Juli 2022

7 Buah Ini Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes, Nomor 5 Seringkali Dihindari

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:30 WIB
Buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes (Pixabay.)
Buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes (Pixabay.)

MEDIANEKITA.COM - Penderita diabetes bukan berarti harus sepenuhnya menghindari seluruh makanan yang mengandung gula termasuk mengkonsumsi buah-buahan.

Meski alami, sebagian besar buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga mengkonsumsi buah pun tetap bisa membuat gula darah naik. Jadi, penting untuk memilih buah apa saja yang aman dikonsumi terutama untuk penderita diabetes.

Anda mungkin pernah mendengar kalau pengidap diabetes sebaiknya tidak makan buah tinggi gula. Faktanya, buah termasuk makanan paling baik untuk diabetes.

American Diabetes Association (ADA) mengatakan bahwa diabetesi (sebutan untuk orang dengan penyakit diabetes) boleh makan buah apa pun, asalkan cermat menakar porsinya dan memastikan tidak punya alergi buah.

Baca Juga: Saksikan Acara Indosiar Hari Ini: Mega Film Asia Firestorm & Flying Sword Dragon Gate, Rabu 25 Mei 2022

Penelitian dalam Nutrition Journal (2013) bahkan melaporkan konsumsi dua potong buah sehari dalam 12 minggu ternyata tidak menaikkan kadar gula darah secara berarti jika dibandingkan makan buah kurang dari dua potong per hari.

Namun, tentunya tidak semua buah direkomendasikan untuk penyakit gula. Buah yang dimakan harus memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55.

Indeks glikemik (IG) adalah ukuran kecepatan suatu makanan untuk diproses menjadi gula darah oleh tubuh. Dari begitu banyak pilihan buah di luar sana, ada beberapa buah yang aman untuk penderita diabetes.

1. Apel

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Sumber: Hello Sehat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X