• Minggu, 3 Juli 2022

Punya Penyakit Asam Lambung Tapi Ingin Diet, Apakah Aman? Simak Tipsnya

- Kamis, 16 Juni 2022 | 21:20 WIB
Simak Tips Ingin Diet
Simak Tips Ingin Diet

MEDIANEKITA.COM - Mungkin beberapa dari kalian punya ketakutan tersendiri ketika ingin diet tapi memiliki riwayat penyakit lambung atau maagh, gejala-gejala tersebut bisa dipicu dari terlambatnya makan ataupun juga ketika menahan lapar terlalu lama.

Sedangkan yang anda inginkan ialah menurunkan berat anda yang berlebihan, sebenarnya apakah aman diet bagi penderita penyakit lambung? Yuk pahami lewat ulasan berikut ini.

Banyak yang salah mengartikan diet, pemahaman yang biasanya orang miliki tentang diet adalah mengurangi asupan makanan seminim mungkin, nah anggapan itu ternyata kurang tepat loh.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Datang, Begini menurut Dokter Decsa

Diet adalah cara atau usaha yang dilakukan seseorang untuk mengatur jumlah asupan (kalori) makanan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Contohnya seperti menurubkan berat badan yang berlebihan, mengatur kadar kolesterol, mengurangi asupan gula pasa tubuh (jika memiliki penyakit diabetes) ataupun menyembuhkan penyakit tertentu.

Tidak ada salahnya memang ketika anda membatasi asupan makanan untuk tubuh anda akan tetapi yang perlu kalian ingat tidak seharusnya juga kalian memaksakan diri untuk makan dalam jumlah porsi yang sangat sedikit yang memang malah membahayakan bagi tubuh anda.

Orang yang memiliki riwayat penyakit maagh atau asam lambung tentunya tidak akan sanggup melakukan cara tersebut, ketika telat makan atau asupan makanan terlalu sedikit maka asam lambung akan naik dan dada akan terasa seperti terbakar.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Madu Bagi Tubuh Salah Satunya Menjaga Imun

Sebenarnya boleh boleh saja orang yang memiliki riwayat penyakit lambung melakukan diet untuk memilii bentuk tubuh yang ideal, diet juga bis menjadi opsi yang yelat untuk mendapatkan berat badan yang anda inginkan walaupun punya riwayat penyakit lambung.

Yang perlu anda perhatikan adalah cara diet yang anda lakukan mengingat anda memiliki penyakit lambung, maka anda harus tetap makan teratur supaya gejala asam lambung tidak kambuh, bahkan ketika diet dilakukan dengan cara yang tepat bisa juga mengurangi gejala asam lambung.

Baca Juga: Minuman Tradisional yang Cocok untuk Temani Kamu Hadapi Musim Hujan

Nah, berikut tips diet yang aman bagi penderita penyakit lambung.

1. Memilih Makanan yang Tepat
Bagi penderita penyakit lambung pemilihan makanan yang tepat sangatlah penting bagi anda dan juga yang memang mengandung rendah kalori dan lemak akan tetapi tinggi protein, contohnya seperti daging ayam bagian dada, ikan, putih telur rebus, dan sayur-sayuran.

Anda juga harus memperhatikan asupan karbohidrat yang terdapat dalam makanan, ketika asupan karbohidrat melebihi kebutuhan harian maka otomatis berat badan anda akan naik dan juga bisa memperparah penyakit lambung.

Parahnya ketika karbohidrat yang berlebihan itu didapat dari makanan olahan seperti donat, junkfood dan bolu yang memang kadar gulanya dan kalorinya sangat tinggi.

Sebagai solusi menghindari makanan tersebut ialah perbanyaklah memilih makanan yang mengandung serat yang tinggi, dan memilih asupan karbohidrat dari buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran.

Makanan-makanan ini dapat membantu anda menurunkan berat badan plus meringankan penyakit lambung yang anda miliki.

Baca Juga: Gangguan Mata Paling Banyak Karena Katarak

2. Atur Porsi Makanan
Lebih baik makan sedikit tapi sering dari pada makan sekaligus dengan porsi yang cukup besar, jika anda terbiasa makan 3 kali sehari dalam porsi banyak, maka cobalah makan sehari 5 kali tapi dengan porsi kecil.

Makan dengan jumlah yang sedikit tapi sering dan pemilihan makanan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan juga meringankan gejala lambung seperti dilansir dari Medical News Today.

Baca Juga: Apa itu Depresi dan Bagaimana Mengatasinya

3. Olahraga Teratur
Sudah melakukan kedua cara tersebut tapi berat badan anda masih belum turun? Mungkin masalahnya anda kurang dalam berolahraga.

Menurut jurnal Obesity tahun 2013 berat badan yang normal dapat membantu mengurangi gejala penyakit lambung, salah satu cata yang mudah dan tepat adalah dengan olahraga.

Sebaiknya anda mulai olahraga dengan intensitas yang ringan terlebih dahulu, seperti jogging, berjalan santai, yoga dan senam. Lakukan selama 30 menit 3-4 kali seminggu.

Lalu ketika sudah melakukan olahraga ringan tersebut maka lihatlah tubuh anda apakah dengan olahraga ringan lambung anda bermasalah atau tidak, jika tidak maka anda boleh menambah intensitas olahraga anda menjadi lebih berat.

Demikian tips diet untuk anda yang memiliki penyakit lambung, ulasan di atas mematahkan mitos bahwa orang yang memiliki penyakit lambung tidak bisa diet. Ternyata tidak seperti itu asalkan dilakukan dengan cara tepat. *

Editor: Fiqih Sampurna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X