• Minggu, 25 September 2022

Paling Banyak Diidap Masyarakat Indonesia, Yuk Kenali Diabetes Melitus: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

- Senin, 15 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Yuk Kenali Apa Itu Diabetes Melitus Gejala dan Cara Mengatasinya/ Foto: ilustrasi  by pixabay
Yuk Kenali Apa Itu Diabetes Melitus Gejala dan Cara Mengatasinya/ Foto: ilustrasi by pixabay

MEDIANEKITA.COM - Sobat medianekita.com, penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia.

International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan jumlah penderita diabetes di Indonesia dapat mencapai 28,57 juta pada 2045.

Jumlah penderita diabetes melitus ini lebih besar 47% dibandingkan dengan jumlah 19,47 juta pada 2021.

Pengertian penyakit diabetes melitus

Menurut dr Richard Suwandi Sp PD dari Omni Hospital Pekayon, diabetes melitus itu adalah suatu kondisi di mana terjadi peningkatan kadar gula darah pada seseorang.

Baca Juga: Berikut Ini Bacaan Doa Acara Tujuh Bulan Kehamilan, Lengkap Berbahasa Arab

Peningkatan kadar gula darah itu disebabkan karena gangguan kerja dari insulin atau gangguan dari produksi insulin atau karena keduanya. Penyakit diabetes melitus sendiri sebenarnya dibagi dua yaitu diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes melitus Tipe 1 itu terjadi kerusakan dari organ pankreas, di mana organ pankreas ini fungsinya untuk memproduksi insulin.

Insulin sendiri fungsinya adalah untuk mengendalikan kadar gula darah dalam badan kita, diabetes melitus tipe-1 ini fungsi pankreas gagal sehingga pintu insulin itu tidak diproduksi sama sekali, makanya gula darah yang ada di dalam darah tidak bisa masuk kedalam badan sama sekali.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Sumber: VDVC health

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X