• Kamis, 26 Mei 2022

6 Cara Yang Mungkin Dapat Membantu Mengatasi Trauma Anda

- Senin, 18 Oktober 2021 | 08:50 WIB
Ilustrasi Anak mengalami trauma akibat pelecehan seksual / kalhh (pixabay)
Ilustrasi Anak mengalami trauma akibat pelecehan seksual / kalhh (pixabay)

MEDIANEKITA.COM - Jika anda tidak bisa berhenti memikirkan sesuatu yang telah terjadi pada anda, bisa jadi sobat medianekita.com mengalami "Trauma". 

Trauma tidak hanya dialami oleh orang yang baru pulang dari medan perang dan mengalami Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), yakni gangguan mental yang muncul dimana seseorang telah mengalami atau menyaksikan peristiwa yang tidak menyenangkan.

Trauma juga bisa terjadi terhadap hal-hal yang kecil yang mengganggu kemampuan anda, serta mengguncang perasaan aman anda. Sehingga anda merasa tidak mampu melakukannya serta merasa tidak aman. 

Baca Juga: Ucapan Selamat Kemenpora RI Atas Tim Bulutangkis Indonesia Dibanjiri Hujatan Netizen

Dikutip medianekita.com dari Yourtango.com, terdapat Trauma besar seperti perang, pemerkosaan, dan pelecehan seksual. Dan trauma kecil seperti pelecehan yang dilakukan oleh pengasuh, bullying, perceraian, dan hubungan yang kasar.

Apapun itu, baik trauma besar maupun trauma kecil, keduanya sama-sama berdampak negatif bagi diri kita. Berikut medianekita.com sajikan 6 cara untuk menyembuhkan diri dari trauma:

1. Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Pertama dan terpenting, bersikap baiklah dan berikan waktu untuk diri Anda sendiri. Jangan berharap bahwa Anda dapat segera kembali ke kehidupan lama Anda dan melakukan semua hal yang biasa Anda lakukan. Pelan-pelan dan luangkan waktu untuk memproses apa yang terjadi.

Trauma memengaruhi kemampuan Anda untuk fokus dan gangguan ini menyebabkan penundaan tindakan.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Sumber: Your Tango

Tags

Terkini

X