PSI dan PDI-P Menempati Peringkat Terendah dalam Pendaftaran Bacaleg Perempuan ke KPU

- Jumat, 9 Juni 2023 | 14:04 WIB
PSI dan PDI-P Menempati Peringkat Terendah dalam Pendaftaran Bacaleg Perempuan ke KPU (Dok. Canvas)
PSI dan PDI-P Menempati Peringkat Terendah dalam Pendaftaran Bacaleg Perempuan ke KPU (Dok. Canvas)

MEDIANEKITA.COM - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PDI-P menjadi dua partai politik yang paling sedikit mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) perempuan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Berdasarkan data pendaftaran bacaleg yang dirilis oleh KPU RI, PDI-P hanya mendaftarkan 190 perempuan, atau sebanyak 32,76 persen dari total 580 bacaleg yang didaftarkan.

Sementara itu, PSI hanya mendaftarkan 187 perempuan, atau setara dengan 32,24 persen dari total bacaleg yang didaftarkan.

Baca Juga: Partai Demokrat Khawatir Arah Cawapres Anies Baswedan Dapat Dikuasai Khofifah

Di sisi lain, Partai Ummat, sebuah partai politik pendatang baru dalam Pemilu 2024, mencatat prestasi yang signifikan dengan menjadi partai politik yang mendaftarkan jumlah bacaleg perempuan terbanyak.

Hampir separuh dari seluruh bacaleg partai yang didirikan oleh Amien Rais adalah perempuan, yaitu sebanyak 292 bacaleg perempuan, atau sekitar 49,67 persen dari total 580 bacaleg DPR RI yang didaftarkan ke KPU RI.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur komposisi penyusunan bacaleg, bahwa setiap tiga bacaleg harus minimal terdiri dari satu perempuan.

Dalam persentase, hal ini setara dengan 33,3 persen. Undang-undang yang sama juga mengatur bahwa keterwakilan bacaleg perempuan harus mencapai minimum 30 persen di setiap daerah pemilihan (dapil).

Baca Juga: Megawati Tunggu Momentum yang Tepat untuk Umumkan Cawapres Ganjar, Hasto Bocorkan Waktunya!

Namun, data yang dirilis oleh KPU RI di atas merupakan data persentase keterwakilan perempuan secara nasional, bukan per dapil.

Meskipun demikian, Komisioner KPU RI, Idham Holik, menganggap bahwa PSI dan PDI-P telah memenuhi aspek keterwakilan perempuan tersebut.

"Partai politik telah mendaftarkan bacaleg DPR RI sesuai dengan aturan yang ada," ujar Idham kepada wartawan, Jumat 9 Juni 2023.***

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Menggeledah Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 28 September 2023 | 18:59 WIB
X