• Minggu, 3 Juli 2022

Kemenkes Duga Kasus Omicron Pertama Berasal dari WNI yang Baru Datang dari Nigeria

- Senin, 20 Desember 2021 | 10:30 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi. (dok. BNPB)
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi. (dok. BNPB)

MEDIANEKITA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan tracing/pelacakan asal usul virus varian Omicron setelah ditemukan kasus pertamanya di Indonesia.

Berdasarkan hasil tracing varian baru Covid-19 ini diduga berasal dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru tiba dari Nigeria.

Menurut penelusuran Kemenkes di Wisma Atlet dalam 14 hari terakhir, kemungkinan besar indeks case (kasus pertama) Omicron adalah WNI, dengan inisial TF, usia 21 tahun, yang tiba di RI pada tanggal 27 November 2021.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengingatkan amat pentingnya karantina pasca perjalanan luar negeri.

Baca Juga: Korlantas Polri Jelaskan Video Viral Pengendara Motor Pengawal Ambulans yang Tilang

Baca Juga: Catat Lokasi Layanan SIM Keliling di DKI Jakarta pada Senin, 20 Desember 2021

Selain untuk observasi kesehatan, juga mendukung dilaksanakannya tracing jika pelaku perjalanan tersebut diketahui positif.

"Penting bagi setiap pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia untuk melakukan karantina," kata Nadia seperti medianekita.com kutip dari laman resmi Kemenkes, Minggu 19 Desember 2021.

"Terdeteksinya Omicron di Indonesia merupakan salah satu keberhasilan dari karantina dan kita bisa dengan segera melakukan tracing untuk mencegah meluasnya penularan Omicron," sambungnya.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X