• Kamis, 26 Mei 2022

Indonesia Ambil Alih Ruang Kendali Udara Dari Singapura, Pengamat: Hati-hati Strategi Singapura!

- Selasa, 25 Januari 2022 | 22:24 WIB
Presiden Jokowi Sambut Baik Tercapainya Kesepakatan FIR, Ekstradisi, dan Pertahanan Indonesia-Singapura (Tanagkap Layar YouTuber Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Sambut Baik Tercapainya Kesepakatan FIR, Ekstradisi, dan Pertahanan Indonesia-Singapura (Tanagkap Layar YouTuber Sekretariat Presiden)

MEDIANEKITA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan pengambil alihan ruang kendali udara (FIR) di Kepulauan Riau, termasuk Natuna pada Selasa 25 Januari 2022.

Dengan demikian, ruang lingkup FIR Jakarta akan melingkupi seluruh wilayah Indonesia termasuk Natuna

Selain kesepakatan terkait FIR, Jokowi juga menyambut baik perjanjian ekstradisi dan sejumlah kerjasama kedua negara di bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Baca Juga: Delapan Suporter Jadi 'Tumbal' Kemenangan Kamerun di Piala Afrika

Menanggapi hal itu, pengamat Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, mengingatkan agar Indonesia waspada terhadap taktik Singapura.

Menurutnya Indonesia harus tetap waspada di balik perjanjian ruang kendali udara (FIR) dan ekstradisi yang telah disepakati.

"Indonesia perlu waspada dengan strategi Singapura," ujar Hikmahanto melalui siaran pers Selasa 25 Januari 2022. 

Indonesia dan Singapura sebenarnya sudah pernah meneken perjanjian ekstradisi dan DCA (Defence Cooperation Agreement) pada 2007 lalu.

Baca Juga: Polisi Buru Dalang Bentrokan Maut di Tempat Hiburan Malam di Sorong

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X