• Minggu, 3 Juli 2022

Forum Kebencanaan GPDRR VII di Bali Resmi dibuka Presiden, Jokowi Ingin juga Belajar dari Dunia Internasional

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:55 WIB
Presiden Jokowi secara resmi membuka Forum Global Pengurangan Risiko Bencana atau the 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.  (Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi secara resmi membuka Forum Global Pengurangan Risiko Bencana atau the 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022. (Humas Setkab/Rahmat)

MEDIANEKITA.COM - Forum kebencanaan Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) VII di Bali secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka pada Rabu 25 Mei 2022.

Presiden dalam kesempatan itu, menyampaikan bahwa Indonesia berharap dapat belajar dari pengalaman internasional terkait kebencanaan.

Jokowi mengungkapkan, Indonesia sendiri juga memiliki mengetahuan dan pengalan kebencaan yang dapat dibagikan dan menjadi pelajaran bagi dunia internasional.

"Indonesia juga ingin, sangat ingin, belajar dari pengalaman internasional," kata Presiden dalam seremoni pembukaan GPDRR VII yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: 7 Buah Ini Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes, Nomor 5 Seringkali Dihindari

Ia juga mengatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara yang rawan terhadap bencana.

"Sebagai negara rawan bencana, Indonesia punya akumulasi pengetahuan dan pengalaman yang bisa menjadi pelajaran penting bagi dunia," ujarnya.

Presiden menuturkan Indonesia sebagai negara rawan bencana yang sepanjang tahun 2022 saja misalnya, per 23 Mei telah mengalami 1.613 bencana serta rata-rata merasakan 500 kali gempa dalam sebulan baik itu skala kecil maupun skala besar.

Baca Juga: Kalender Jawa: Berikut Penjelasan Primbon Jawa tentang Keberuntungan dan Kemalangan Hari Kamis, 26 Mei 2022

"Dengan 139 gunung api aktif, letusan gunung berapi juga mengancam masyarakat di Indonesia. Sepanjang 2015 hingga 2021 tercatat 121 letusan gunung berapi di Indonesia," paparnya.

Halaman:

Editor: Hudallah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X