• Sabtu, 24 September 2022

Azyumardi Azra, Tokoh Indonesia Pertama yang Diakui Sebagai Anggota Keluarga Bangsawan Kerajaan Inggris

- Minggu, 18 September 2022 | 18:54 WIB
Azyumardi Azra, Tokoh Indonesia Pertama yang Diakui Sebagai Anggota Keluarga Bangsawan Kerajaan Inggris (Tangkapan layar laman resmi Dewan Pers)
Azyumardi Azra, Tokoh Indonesia Pertama yang Diakui Sebagai Anggota Keluarga Bangsawan Kerajaan Inggris (Tangkapan layar laman resmi Dewan Pers)

MEDIANEKITA.COM - Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Rumah Sakit Serdang Selangor, Malaysia.

Azyumardi Azra merupakan Tokoh Pers sekaligus Cendekiawan Muslim Indonesia itu berpulang pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat di usianya yang menginjak 67 tahun.

Kepergian Azyumardi Azra ini merupakan kabar duka bagi bangsa Indonesia. Bergelar Prof Dr Sir Azyumardi Azra, CBE.

Azyumardi Azra merupakan tokoh Indonesia pertama yang bergelar Sir dari Kerajaan Inggris, dan diakui sebagai anggota keluarga bangsawan Inggris.

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tutup Usia, Cendekiawan Indonesia Pertama Bergelar 'Sir' Dari British Empire

Azyumardi Azra merupakan tokoh pers yang juga pernah menjabat Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak 1998 hingga 2006.

Ayumardi Azra juga berhasil mendapatkan gelar Guru Besar Sejarah Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Pada 2010, Azyumardi Azra diberikan gelar Commander of the Order of British Empire dari mendiang Ratu Inggris Elizabeth II.

Gelar CBE diberikan oleh Kerajaan Inggris kepada individu untuk menghargai kontribusi positif yang telah dilakukan di bidang pekerjaan mereka.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X