• Sabtu, 24 September 2022

Selain Tanda Kehormatan Kerajaan Inggris, Sir Azyumardi Azra Juga Menerima Tanda Kehormatan Dari Kaisar Jepang

- Minggu, 18 September 2022 | 19:19 WIB
Selain Tanda Kehormatan Kerajaan Inggris, Sir Azyumardi Azra Juga Menerima Tanda Kehormatan Dari Kaisar Jepang (Tangkapan layar media sosial)
Selain Tanda Kehormatan Kerajaan Inggris, Sir Azyumardi Azra Juga Menerima Tanda Kehormatan Dari Kaisar Jepang (Tangkapan layar media sosial)

MEDIANEKITA.COM - Innalillahi wainnailaihi rojiun. Berita duka kembali menyelimuti Tanah Air. Ketua Dewan Pers Sir Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu 18 September 2022.

Sir Azyumardi Azra tutup usia di Selangor Malaysia usai dikabarkan mengalami gangguan jantung dalam kunjungan kerjanya di Malaysia. 

Sir Azyumardi Azra lahir di Lubuk Alung, Padangpariaman, Sumatra Barat pada 4 Maret 1955, ia berpulang diusianya yang ke 67 tahun.

Baca Juga: Azyumardi Azra, Tokoh Indonesia Pertama yang Diakui Sebagai Anggota Keluarga Bangsawan Kerajaan Inggris

Sepanjang hidupnya Sir Azyumardi Azra mengabdi dalam dunia pendidikan, namun beliau pernah menjadi wartawan Panji Masyarakat pada tahun 1979-1985. Saat ini posisi terakhirnya sebagai Ketua Dewan Pers sejak 19 Mei 2022.

Bergelar lengkap Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE, ia merupakan tokoh Indonesia pertama yang bergelar Sir dari Kerajaan Inggris, dan diakui sebagai anggota keluarga bangsawan Inggris.

Gelar kehormatan Commander of the Order of British Empire disandang oleh Azyumardi Azra pada tahun 2010 atas jasanya sebagai Ilmuwan Sosial dan menjadi 'Sir' pertama dari Indonesia.

Tujuh tahun kemudian (2017), Azyumardi Azra mendapatkan Orde Matahari Terbit: Kelas Bintang Emas dan Perak (Order of Rising Sun: Gold and Silver Star).

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tutup Usia, Cendekiawan Indonesia Pertama Bergelar 'Sir' Dari British Empire

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X