• Sabtu, 24 September 2022

Terkait Pergantian Fadel Muhammad, Ketua MPR RI Bamsoet Akan Berikirim Surat ke Pimpinan DPD RI

- Selasa, 20 September 2022 | 14:39 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) (FOTO: TOPMEDIA)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) (FOTO: TOPMEDIA)

MEDIANEKITA.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan pimpinan MPR segera bersurat kepada pimpinan DPD RI terkait pergantian Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua MPR.

"Pimpinan MPR akan segera berkirim surat untuk menjawab surat pimpinan DPD RI terkait usulan pergantian pimpinan MPR unsur DPD RI dari Fadel Muhammad kepada Tamsil Linrung," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Selasa 20 September 2022.

Dia menjelaskan pimpinan MPR RI mempersilakan terlebih dahulu kepada pimpinan DPD RI untuk memastikan bahwa usulan pergantian itu sudah berkepastian hukum.

Sesuai ketentuan UUD NRI 1945, UU MD3, Tata Tertib MPR RI, dan sesuai dengan hirarki perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Bersama Presiden Jokowi, Menhub: Bisa Urai Kemacetan di Tanjung Priok

"Sehingga tidak mengandung konsekuensi masalah hukum di kemudian hari bagi lembaga MPR RI," ujarnya.

Ia mengatakan MPR telah menerima surat dari Kelompok DPD tertanggal 5 September 2022 dengan Nomor 30/KEL.DPD/IX/2022 perihal Usul Penggantian Pimpinan MPR dari Unsur Dewan Perwakilan Daerah.

Selain itu, pimpinan MPR RI menerima Surat Pernyataan tertanggal 5 September 2022 dari Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin.

Surat tersebut terkait dengan penarikan tanda tangan dalam Keputusan Pencabutan Mandat Wakil Ketua MPR RI dari Utusan DPD RI dan surat serupa dari Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono tentang penarikan tanda tangan.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X