• Kamis, 26 Mei 2022

Waspada! Mahasiswa dan Generasi Milenial Rentan Terpapar Radikalisme dan Terorisme

- Rabu, 26 Januari 2022 | 22:06 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BPNT) menyebut jika mahasiswa dan generasi muda rentan terpapar radikalisme dan terorisme. (Pixabay/kalhh)
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BPNT) menyebut jika mahasiswa dan generasi muda rentan terpapar radikalisme dan terorisme. (Pixabay/kalhh)

MEDIANEKITA.COM - Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid mengungkapkan mahasiswa dan generasi muda sangat rentan terpapar radikalisme dan terorisme.

Generasi muda khususnya generasi milenial dan generasi Z termasuk dalam kategori kelompok yang rentan terpapar paham radikal terorisme.

Nurwakhid menilai generasi tersebut masih dalam proses pematangan berpikir terutama dalam hal wawasan kebangsaan.

Baca Juga: Terjawab Sudah Alasan Pemerintah Bubarkan FPI, dari Video Afiliasi ke ISIS Hingga Kepala Dipenggal

"Mahasiswa potensial terpapar paham radikal terorisme, terutama generasi milenial dan generasi z karena mereka ini kan masih tumbuh dan berkembang, nilai-nilai wawasan kebangsaannya masih proses pematangan, mereka senang hal-hal yang baru, tantangan yang baru," kata Nurwakhid.

Nurwakhid menjelaskan sikap eksklusif dan intoleran adalah watak dasar dari radikalisme yang menjiwai semua aksi terorisme.

Semua pelaku teror pasti berpaham radikal, meskipun tidak semua individu atau kelompok yang berpaham radikal serta merta akan menjadi terorisme.

Baca Juga: Setelah Gaduh Edy Mulyadi, Kini Muncul Aktivis 98 Tolak IKN dan Tuduh Moderasi Agama Sekuler

Dia bahkan menyebut BNPT melakukan pretest potensi radikalisasi dalam waktu lima menit kepada mahasiswa.

Halaman:

Editor: Iswah Yudi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X