• Minggu, 3 Juli 2022

Wasiat Imam Abu Hanifah Kepada Imam Abu Yusuf, Jika Berselisih Faham, Maka Damaikanlah (Seri 2)

- Jumat, 24 Desember 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi Dua Orang yang sedang berselisih faham (Ilustrasi Sibhe)
Ilustrasi Dua Orang yang sedang berselisih faham (Ilustrasi Sibhe)

MEDIANEKITA.COM - Sobat medianekita.com kembali kami sajikan seri kedua dari kumpulan wasiat Imam Abu Hanifah kepada murid tercintanya Imam Abu Yusuf.

Imam Abu Hanifah adalah Ulama Besar pada masa tabi’in (generasi setelah sahabat Rasulullah Saw). Pendiri Madzhab Hanafi ini memiliki nama lengkap Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit bin Zautha.

Imam Abu Hanifah memiliki seorang murid yang ia cintai bernama Abu Yusuf. Abu Yusuf adalah sosok murid yang diharapkan oleh Imam Abu Hanifah meneruskan perjuangannya dalam menyebarkan ilmu dan agama Islam.

Artikel ini merupakan kumpulan naskah wasiat Imam Abu Hanifah kepada Imam Abu Yusuf yang telah disadur dan dimodifikasi oleh Muhyidin, seorang pengkaji kitab klasik dari Indramayu Jawa Barat.

Baca Juga: Doa Mohon Diterima Taubat dan Amal Ibadah Kita

Wasiat Kedua

"Jika berselisih faham maka damaikanlah" 

Dalam kehidupan bermasyarakat, pastilah pada suatu ketika kita berselisih faham, bersilang pendapat dengan orang-orang disekitar kita.

Macam-macam masalah yang kita perdebatkan dari hal-hal yang kecil dan sepele sampai sesuatu yang tidak bisa dianggap sepele. Tentang membuat program, skala prioritas, penanganan terhadap krisis, strategi menjaring konsumen (pelanggan) dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Rifqi Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X